Tingkatkan Pemahaman Jaminan Sosial Sejak Dini, Pemerintah Luncurkan Modul Projek Muatan Jaminan Sosial

Tingkatkan Pemahaman Jaminan Sosial Sejak Dini, Pemerintah Luncurkan Modul Projek Muatan Jaminan Sosial

Jakarta - Dalam menumbuhkan kesadaran Masyarakat sejak dini tentang pemahaman Jaminan Sosial, Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) menyelenggarakan "Launching Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Muatan Jaminan Sosial", di Ruang Heritage Kemenko PMK, Senin (11/12/2023).

Modul Projek ini merupakan tindak lanjut pelaksanaan Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional dan Peraturan Presiden Nomor 36 Tahun 2023 tentang Peta Jalan Jamsos 2023-2024. Modul Projek tersebut disusun bersama oleh DJSN, Kemenko PMK, Kemendikbud, BPJS Kesehatan, dan BPJS Ketenagakerjaan, serta ahli pendidikan.

Ketua DJSN Agus Suprapto mengatakan, dalam menumbuhkan kesadaran Masyarakat sejak dini, muatan Jaminan Sosial perlu menjangkau pembelajaran pada tingkat pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

"Harapannya, Modul Projek Muatan Jaminan Sosial ini dapat terus memperluas pemahaman akan pentingnya jaminan sosial serta mempersiapakan diri dalam menghadapi risiko sosial kedepan yang dimulai dari pendidikan tingkat SMA/SMK/MA sederajat yang diawali dari Fase E atau Kelas X" ujar Agus Suprapto.

Anngota DJSN Muttaqien menjelaskan, tujuan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Muatan Jaminan Sosial untuk menciptakan masyarakat yang lebih adil dan berkelanjutan sejak dini, peningkatan literasi jaminan sosial di kalangan pelajar, menciptakan kesadaran yang lebih luas tentang pentingnya jaminan sosial, serta mengembangkan karakter yang sesuai dengan dimensi Profil Pelajar Pancasila.

"Oleh karena itu, Bapak/Ibu dari Sekolah dan Guru Penggerak untuk dapat mempraktikkan Modul Projek ini kepada peserta didiknya agar dapat menjadi generasi penerus yang peduli terhadap jaminan sosial, serta berperan aktif dalam mewujudkan masyarakat yang adil dan Sejahtera, guna mendorong pembangunan SDM Indonesia yang lebih berkualitas." jelas Muttaqien.

Dalam kegiatan peluncuran tersebut, Pimpinan Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena mengapresiasi dan mendukung inisasi DJSN dalam membumikan program jaminan sosial melalui pendidikan. Menurutnya, dengan masuk di sektor pendidikan, maka pemahaman mengenai jaminan sosial akan menjadi gerakan masyarakat.

"Dengan ini sudah menjadi gerakan masyarakat. Kami berharap agar semua isi dari buku ini mudah-mudahan bisa segera dipahamkan pada adik-adik kita siswa SMA/SMK, dan bisa diturunkan ke level pendidikan bawah dan tingkat atas ke perguruan tinggi," ungkapnya.