FGD Review Apps Pantau JKN

FGD Review Apps Pantau JKN

Jakarta – Anggota DJSN dari Unsur Tokoh dan/ atau Ahli, Muttaqien menghadiri FGD “Review Apps Monitoring Partisipatif JKN: Pantau JKN” yang diselenggarakan oleh PRAKARSA dan diikuti oleh perwakilan Civil Society Organization (CSO) secara daring pada hari Kamis (22/07).
Perjalanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diluncurkan sejak awal Januari 2014 merupakan bagian dari Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) untuk mencapai cakupan kesehatan semesta atau Universal Health Coverage (UHC) untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang juga menjadi salah satu indikator keberhasilan pembangunan suatu negara.

Oleh karenanya, program JKN perlu terus di monitoring dan di evaluasi untuk menjaga keberlangsungan penyelenggaraan dan keberlanjutan program. Sebagai bagian dari upaya ini, DJSN yang merupakan salah satu Lembaga pengawas eksternal berwenang melakukan monitoring dan evaluasi penyelenggaraan SJSN.

Apps Pantau JKN diharapkan berfungsi melibatkan partisipasi aktif masyarakat dalam melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelayanan JKN. Pendekatan partisipatif dibutuhkan dalam pemantauan program JKN, untuk memperoleh informasi mengenai kondisi dan sikap masyarakat terhadap JKN.

“Pantau JKN sudah disepakati di Pleno DJSN, sehingga bisa diteruskan untuk langkah selanjutnya. Bagaimana jika ada keluhan peserta, bagaimana meresponnya?

Forum Bersama tentu perlu dilakukan untuk menjawab keluhan tersebut, apakah ada pelatihan dsb dan pelibatan CSO atau melibatkan BPJS Kesehatan dan juga pemangku kepentingan lainnya untuk mengoptimalkan aplikasi Pantau JKN.” ujar Muttaqien yang merespons masukan dari peserta yang hadir dalam zoom meeting tersebut.