DJSN Jelaskan Arah Kebijakan Jaminan Sosial di Indonesia

DJSN Jelaskan Arah Kebijakan Jaminan Sosial di Indonesia

Jakarta - Anggota Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) memberikan materi dalam Kuliah Tamu yang diselenggarakan Program Studi S1 Pembangunan sosial dan Kesejahteraan (PSdK) Universitas Gadjah Mada, Senin 22 Mei 2023. Kuliah Tamu yang diselenggarakan secara virtual ini mengangkat tema “Meneropong Jaminan Sosial di Indonesia Paska Pandemi Covid-19”.  

Dalam kesempatan itu, Muttaqien, menjelaskan bahwa jaminan sosial di Indonesia pernah melewati beberapa situasi krisis yang tentunya berimplikasi pada perbaikan sistem jaminan sosial di Indonesia.

“Kehadiran jaminan sosial di Indonesia pernah melalui beberapa situasi krisis seperti krisis keuangan global tahun 2008 dan pandemi Covid-19, keduanya berimplikasi pada perbaikan sistem dan juga peningkatan layanan jaminan sosial” ungkap Muttaqien.

Sehingga menurutnya, perlunya arah kebijakan yang dapat membangun ekosistem jaminan sosial disesuaikan dengan kebutuhan Indonesia di saat ini dan di masa depan. 

"Arah kebijakan tersebut perlu didukung melalui lima aspek yang berkaitan diantaranya regulasi, institusional, operasional, teknis, dan sumber daya. Sehinga, nantinya dapat tercipta ekosistem yang komprehensif dan terpadu dalam implementasi program jaminan sosial di Indonesia." kata Muttaqien.