Anggota DJSN : Pelaksanaan Sistem Pembayaran Global Budget Perlu Kajian Mendalam

Padang -  Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) menghadiri FGD Dampak Implementasi Pengembangan Sistem Pembayaran Gobal Budget Dalam Perspektif Kebijakan di Bukittinggi, Sumatera Barat pada Kamis, 26 November 2020.

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri PPJK Kemenkes RI, BKF Kemenkeu RI, DJSN, TKMKB Payakumbuh, Kadis Kesehatan Prov Sumatera Barat, Kadis Kesehatan Kabupaten Tanah Datar, RSUD Prof. Dr M Ali Hanafiah, RSIA Sayang Ibu, dan BPJS Kesehatan.

Kepala Bidang Pelayanan RSUD Prof. Dr. M Ali Hanafiah dalam paparannya mengatakan " RSUD Hanafiah merasakan dampak positif dari uji coba pelaksanaan sistem pembayaran Global Budget antara lain lebih terstruktur dan jelas dalam perencanaan anggaran RS, meningkatkan motivasi dan semangat pegawai, pengelolaan keuangan lebih baik, tidak ada keterlambatan pembayaran oleh BPJS, dan lebih jelas proses administrasi klaim INA CBGs, obat dan ambulance. Namun tentu tidak bisa dipungkiri masih terdapat hambatan dalam pelaksanaan uji coba Global Budget yang perlu dikaji bersama".

Anggota DJSN untuk Tokoh/Ahli Asih Eka Putri mengatakan, "Perlu adanya kajian yang mendalam terhadap pelaksanaan uji coba sistem pembayaran Global Budget, terutama melihat kondisi perubahan perilaku baik terhadap manajemen, SDM, anggaran, dan pelayanan kepada peserta, sebelum dan sesudah uji coba".

Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan uang muka Global Budget kepada rumah sakit uji coba di wilayah Kabupaten Tanah Datar oleh Direktur Perencanaan, Pengembangan, dan Manajemen Risiko BPJS Kesehatan.