DJSN dan Bappenas Uji Coba Pemutakhiran NIK bagi PBI

Solok - Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) bersama Bappenas  melakukan uji coba pemutakhiran NIK bagi peserta BPJS Kesehatan Penerima Bantuan Iuran (PBI) di Nagari Sungai Nanam, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, (25/4).

Anggota DJSN, Asih Eka Putri menyebutkan uji coba pemutakhiran NIK PBI di Nagari Sungai Nanam ini bertujuan untuk memberikan kemudahan dan memastikan penduduk/peserta JKN NIK nya yang belum teridentifikasi dapat dibantu proses validasi NIK nya.

"Data BPJS Kesehatan menyebutkan masih terdapat sekitar 20 juta peserta JKN yang belum teridentifikasi NIK nya, khususnya bagi peserta PBI yang merupakan peserta Jamkesmas yang pendataanya melalui PPI_S," jelas Asih.

"Sementara itu, data statistik Kabupaten Solok menyebutkan jumlah penduduk sebanyak 384.091 jiwa dengan kepemilikan KTP elektronik 289.422 jiwa. Adapun penduduk yang terdaftar sebagai peserta PBVI ABPBN 141.600, namun 21.188 peserta tidak teridentifikasi NIK nya," tambahnya.

Merujuk pada Basis Data Terpadu (BDT) tahun 2019 Kabupaten Solok tercatat 14.876 jiwa yang termasuk dalam BDT, namun yang terdaftar  sebagai peserta PBI hanya 12.348 jiwa. "Dan yang lebih menarik dalam DBT yang udah terdaftar tersebut ditemukan pekerja penerima upah yang terdaftar PBI," ungkap Asih.