Peta jalan Menuju Jaminan Kesehatan Nasional

Pada tahun 1999 UUD 1945 diamendemen dengan memasukan hak jaminan sosial bagi seluruh rakyat (pasal 28H) dan pada tahun 2002 dalam amandemen keempat UUD45 Negara diperintahkan untuk mengembangkan sistem jaminan sosial untuk seluruh rakyat.

Tahun 2004 lahirlah Undang-undang Nomor 40 Tahun2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN). Tujuh tahun kemudian, lahirlah Undang-Undang No 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang antara lain menetapkan PT (Persero) Asuransi Kesehatan Indonesia berubahmenjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatanpada tanggal 1 Januari 2014. Dengan penetapan BPJS Kesehatan,maka Indonesia memasuki era baru dimana akan terbentuksebuah sistem pembayar tunggal (single payer system) layanan medis untuk seluruh penduduk. Sistem ini merupakan sistem yang berkeadilan untuk seluruh rakyat sekaligus yang mampu mengendalikan belanja biaya kesehatan.Sebuah sistem besar perlu difahami oleh semua pemangku kepentingan dan dijalankan dalam satu arah upaya yang sinkron agar tujuan akhir sistem jaminan kesehatan dalam UU SJSN,atau Sistem Jaminan Kesehatan Nasional, dapat dicapai dalam waktu yang diharapkan. Untuk itu, perlu disusun peta jalan (roadmap) yang akan menjadi pegangan bagi semua pemangku kepentingan. Tujuan disusunnya peta jalan ini adalah untuk memberikan arah dan langkah-langkah yang perlu dilakukan secara sistematis, konsisten, koheren, terpadu dan terukur dari waktu ke waktu dalam rangka :

  1. Mempersiapkan beroperasinya BPJS Kesehatan pada 1 Januari 2014
  2. Terwujud sebuah Sistem Jaminan Kesehatan Nasional (INA-Medicare) bagi seluruh penduduk Indonesia
  3. Terselenggaranya Jaminan Kesehatan sesuai dengan ketentuan UU No 40 Tahun 2004 tentang SJSN dan UU No 24/2011 tentang BPJS berikut peraturan pelaksananya

Peta jalan ini merupakan pegangan bagi semua pihak untuk memahami dan mempersiapkan diri berperan aktif mempersiapkan beroperasinya BPJS Kesehatan pada 1 Januari2014 dan mencapai cakupan universal satu Jaminan Kesehatan untuk seluruh penduduk Indonesia pada Tahun 2019. Untuk itu, dirumuskan sasaran yang akan dicapai pada tahun 2014 dan sasaran yang akan dicapai pada tahun 2019.

Peta jalan Menuju Jaminan Kesehatan Nasional versi Ringkas (PDF)

Peta jalan Menuju Jaminan Kesehatan Nasional versi Lengkap (PDF)