Puskesmas Birobuli Kesulitan Pasca Bencana di Palu

Palu - Puskesmas Birobuli, Kota Palu, Sulawesi Tengah mengalami beberapa kesulitan dalam pelayanan pasca bencana gempa dan tsunami yang terjadi pada 28 September 2018 lalu.

Kepala Puskesmas Birobuli, dr. Nurjana Aslah, mengakui bahwa terdapat beberapa kesulitan pasca bencana yang mereka hadapi diantaranya adalah laboratorium yang rusak, listrik yang mati, dan sistem online yang tidak dapat digunakan.

"pelayanan sempat terganggu karna gak ada listrik, biasanya pakai sistem online sekarang sudah tidak bisa dipakai lagi dan laboraturium juga rusak. Tapi sekarang sudah berjalan kembali," ujar Aslah.

Meanggapi hal itu, Anggota Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN), Rudy Prayitno, mengatakan pentingnya untuk memberikan pelayanan maksimal pada korban bencana tanpa terhambat prosedur.

"pelayanan yang sifatnya situasional ini jangan memandang administrasi. pandang kenyataan bahwa ada korban yang perlu diselamatkan" ujar Rudy Prayitno saat melakukan kunjungan ke Puskesmas Borobuli, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (18/12).