DJSN Gelar Sosialisasi Pencegahan Korupsi dalam SJSN

Jakarta - Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) menggelar sosialisasi Pencegahan Korupsi dalam penyelenggaraan Sistem Jaminan Sosial Nasional, Kamis (31/8)

Direktorat Penelitian dan Pengembangan KPK menjelaskan dana iuran yang dikelola untuk SJSN merupakan dana yang sangat strategis yang dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat dan harus dicegah untuk terjadinya Kesalahan, Kecurangan, dan Korupsi (K3).

Dalam penyelenggaraan sistem jaminan sosial nasional banyak terjadi K3, baik dari stakeholders, fasilitas kesehatan, bahkan sampai pada transaksi pelayanan.

"Tentunya banyak terjadi K3 dalam dunia kesehatan, baik pada fasilitas kesehatan maupun stakeholders lainnya yang berhubungan dengan JKN" ujar Ketua Dewan Pengawas BPJS Kesehatan.

"Karna itu diperlukan sosialisasi terus menerus untuk mencegah terjadinya kesalahan, kecurangan dan korupsi dalam penyelenggaraan Sistem Jaminan Sosial Nasional." sambungnya.

Ketua DJSN, dr. Sigit Priohutomo, MPH mengatakan, "K3 dapat diminimalisir apabila sistemnya ditunjang oleh sistem informasi yang baik dan dapat ditelusuri proses dan databasenya." 

"Kedepannya membuat regulasi terkait P3K3 dan SJSN menjadi pekerjaan rumah DJSN karena harus ada sistem yang jelas dan tegas yang mengatur K3" tutup Sigit Priohutomo