DJSN Gelar Edukasi Publik Jaminan Sosial untuk Tingkatkan Minat Masyarakat

Pekanbaru - Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) menggelar edukasi publik tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional di Hotel Grand Elite Pekanbaru, Jumat 4 Agustus 2017.

Sekretaris DJSN Pudjo Hardijanto menjelaskan, "sistem jaminan sosial nasional merupakan program negara yang bertujuan untuk memberikan perlindungan dan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.Melalui program ini, setiap penduduk diharapkan dapat memenuhi kebutuhan hidup dasar yang layak apabila terjadi hal-hal yang dapat mengakibatkan hilangnya atau berkurangnya pendapatan karena menderita sakit, mengalami kecelakaan, kehilangan pekerjaan, memasuki usia lanjut atau pensiun."

"Namun hingga saat ini masih banyak masyarakat yang belum memahami manfaat dari jaminan sosial, akibatnya minat masyarakat pun minim untuk menjadi peserta" Kata Pudjo.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir yang mengatakan bahwa Banyak masyarakat belum mengetahui secara jelas tentang SJSN ini, di Riau sendiri saat ini baru sekitar 58 persen masyarakat yang terdaftar di BPJS Kesehatan. Angka itu masih kalah dibandingkan rata-rata nasional yang sudag berkisar diangka 70 persen" kata Mimi. 

Menyikapi hal tersebut, ia berharap sosialisasi serupa dapat dilaksanakan sebanyak mungkin untuk membantu meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya jaminan sosial tersebut. 

Tantangan inilah yang harus menjadi perhatian bagi DJSN, sehingga apa yang diharapkan pada 2019 mendatang, target universal coverage atau perlindungan penuh bagi masyarakat dapat tercapai.