Bangladesh Pelajari Jaminan Sosial Indonesia

Jakarta – Delegasi Bangladesh berkunjung ke Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) untuk mempelajari jaminan social yang ada di Indonesia, Rabu (19/12).

Delegasi terdiri dari 18 orang baik dari UNDP dan pemerintah Bangladesh dari berbagai unsur antara lain, Kementerian Keuangan, Kementerian Sosial, Komisi Perencanaan, Divisi Kabinet, serta Tenaga Ahli Teknologi dan Informasi.

“Mereka sangat kagum dengan Universal Health Coverage di Indonesia yang kepesertaanya begitu cepat.” Ujar Anggota DJSN Prof. Bambang Poerwoko.

Selain itu, Prof Bambang menjelaskan bahwa jaminan social di Indonesia mengintegrasikan jaminan social masyarakat kurang mampu dengan jaminan social pekerja.

“Kita ingin melindungi masyarakat kurang mampu dengan program jaminan social, tidak ada pilihan lain kecuali diintegrasikan jaminan socialnya kalau tidak terintegrasi mereka akan semakin terlantar,”

Oleh sebab itu DJSN menyarankan Bangladesh untuk mengintegrasikan antara jaminan social untuk pemerintah atau PNS dan jaminan social untuk sektor swasta karna sangat penting dalam menjunjung tinggi kesamaan hak.