Ansyori : Media Berperan dalam Mengembangkan Program SJSN

Surabaya - Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) adalah dewan yang berfungsi untuk membantu Presiden dalam perumusan kebijakan umum dan sinkronisasi penyelenggaraan Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN). DJSN berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden. Dalam rangka menyebarluaskan informasi tentang jaminan sosial, DJSN melaksanakan kegiatan Redaktur Meeting dngan media setempat, Kamis (08/11).

“Kami sengaja memilih lokasi kegiatan Redaktur Meeting & Edukasi Publik di Kota Surabaya ini karena bertepatan dengan Hari Pahlawan 10 November yang identik dengan Surabaya sebagai Kota Pahlawan," ujar salah satu Komisioner DJSN Ahmad Ansyori dalam kegiatan Redaktur Meeting yang dihadiri perwakilan redaktur atau jurnalis dari beberapa media mainstream yang ada di Surabaya.

Ansyori menegaskan bahwa kegiatan ini dilakukan dengan tujuan memberikan pemahaman yang kuat tentang SJSN kepada seluruh pemangku kepentingan termasuk media. Menurutnya, awak media ini harus paham apa itu SJSN dengan baik, karena media sangat berperan dan berfungsi sebagai key word, mempunyai fungsi sosialisasi/edukasi, advokasi dan perbaikan berkelanjutan dalam mengembangkan program SJSN.

"Dengan menyampaikan sosialisasi SJSN kepada media, kami berharap teman-teman media juga memiliki pemahaman dan pengetahuan tentang upaya pemenuhan hak dan kewajiban dalam penyelenggaraan SJSN. Media juga dapat menyajikan pemberitaan yang benar, tepat dan berimbang tentang isu yang berkembang saat ini. Jangan hanya menyajikan sisi negatifnya saja, banyak juga hal positif dari program ini,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Cabang Utama BPJS Kesehatan Surabaya Mokhamad Cucu Zakaria berterima kasih kepada seluruh media yang hadir karena selama ini telah banyak membantu dalam meneruskan informasi tentang jamian sosial, termasuk di dalamnya Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

“Selama ini kami telah banyak berkolaborasi dengan rekan-rekan media dalam mensosialisasikan program-program terbaru BPJS Kesehatan, sehingga masyarakat luas dapat mengetahui perkembangan terkini tentang JKN-KIS. Kami berharap forum seperti ini dapat meningkatkan kemampuan kami untuk menyampaikan informasi pelaksanaan JKN-KIS secara benar dan lebih komprehensif kepada masyarakat. Dengan edukasi publik ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran seluruh pemangku kepentingan untuk memantau penyelenggaraan program jaminan sosial dan menjadikan wadah dalam bertukar pengalaman dan belajar bersama,” pungkasnya.